PT. Nasional Panasonic Gobel adalah salah satu perusahaan yang ada di Indonesia. Namun banyak perusahaan - perusahaan elektronik lain baik yang besar maupun yang kecil yang memproduksi produk yang sama, sehingga hal ini dapat menimbulkan terjadinya persaingan, disinilah peranan periklanan sangat diperlukan. Produk yang dipromosikan oleh PT NPG dibagi menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompok produk tersebut dipasarkan dengan sasaran yang berbeda. Agar masyarakat dapat mengetahui keunggulan produk yang dimiliki oleh PT NPG maka PT NPG menggunakan dua kelompok media dalam promosi periklanannya. Pertama media Above The Line yaitu media televisi dan surat kabar, dan kedua, media Below The Line yaitu media brosur, spanduk dan billboard. Untuk mengetahui media periklanan mana dari kedua media tersebut yang paling efektif dalam meningkatkan hasil penjualan, maka penulis melakukan perhitungan analisa regresi berganda dan perhitungan koefisien determinasi parsial. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan analisa regresi berganda, maka menghasilkan persamaan, yaitu Y = 88,1698 + 4,4061 X1 + 2,8863 X1 + e. Persamaan tersebut mempunyai arti bahwa tanpa adanya promosi periklanan ( X1 dan X2 sama dengan nol ), maka jumlah hasil penjualan ( Y ) akan sebesar 88,1695 milyar rupiah. Dengan menganggap media below the line ( X2 ) konstan maka kenaikan satu milyar pada media above the line ( X1 ) akan mengakibatkan kenaikan pada hasil penjualan sebesar 4,4061 milyar rupiah. Lalu dengan menganggap media above the line ( X1 ) konstan, maka kenaikan satu milyar pada media below the line ( X2 ) akan mengakibatkan kenaikan pada hasil penjualan PT NPG sebesar 2,8863 milyar rupiah. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan analisa koefisien determinasi parsial didapatkan hasil ( r12.3 )2 = 0,9334, artinya jika X2 konstan, maka kontribusi variabel X1 terhadap hasil penjualan ( Y ) adalah sebesar 93,34 %. Sedangkan ( m.2 )2 = 0,9149, artinya jika X1 konstan, maka kontribusi variabel X2 terhadap hasil penjualan ( Y ) adalah sebesar 91,49%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa media Above The Line (televisi dan surat kabar) lebih efektif dalam meningkatkan hasil penjualan PT NASIONAL PANASONIC GOBEL. |