Dewasa ini perkembangan perekonomian di Indonesia semakin lama semakin meningkat. Meningkatnya perekonomian tersebut ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Dengan makin banyaknya kegiatan ekonomi di Indonesia, maka dirasakan semakin ketatnya persaingan bisnis di dalam berbagai bidang usaha. Salah satunya bidang usaha garment yang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan karena produk pakaian yang dihasilkan oleh perusahaan garment merupakan kebutuhan sehari-hari manusia yang sangat diperlukan di dalam melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Sekarang ini suatu perusahaan itu tidak hanya memperhatikan mutu atau kualitas dari produknya saja, tetapi juga meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan untuk mempengaruhi konsumen di dalam mengambil keputusan untuk membeli. Satu hal yang sering dilupakan adalah bahwa suatu produk tidak dapat mencari sendiri pembelinya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kebijaksanaan saluran distribusi yang tepat untuk menyampaikan hasil produk suatu perusahaan ke konsumen. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka saluran distribusi menjadi lebih penting artinya di dalam pemasaran suatu produk. Bahkan harus dijadikan sebagai unsur utama di dalam menentukan strategi pemasaran suatu perusahaan. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk membahas mengenai masaiah dan cara pendistribusian PT. BALI NIRWANA GARMENTS di dalam memasarkan produknya berupa pakaian. Tujuan penelitian penulis adalah menganalisa pengaruh kebijakan saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan dengan volume penjualannya, karena penulis menduga adanya hubungan yang kuat antara kebijaksanaan saluran distribusi terhadap volume penjualan. Di dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari riset lapangan dan riset perpustakaan serta metode analisa data yang terdiri dari metode koefisien korelasi dan metode analisa regresi linear. Dari penelitian dan analisa yang telah penulis lakukan, ternyata dugaan penulis tentang adanya hubungan yang kuat antara kebijakan saluran distribusi dengan volume penjualan benar-benar terbukti. Dimana, kebijakan saluran distribusi yang digunakan oleh PT. BALI NIRWANA GARMENTS meningkatkan volume penjualan perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi suatu perusahaan untuk tetap memperhatikan kebijakan saluran distribusinya karena saluran distribusi sangat besar pengaruhnya di daiam volume penjualan perusahaan yang secara tidak langsung hal ini juga mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Pada akhirnya, kesimpulan yang dapat penulis ambil melalui pengamatan yang penulis lakukan terhadap PT. BALI NIRWANA GARMENTS dengan didasarkan pada pengetahuan-pengetahuan yang penulis terima selama studi bahwa strategi-strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh PT. BALI NIRWANA GARMENTS cukup baik. Hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan volume penjualan perusahaan setiap tahunnya. Tetapi sayangnya, masih banyak kendala-kendala yang belum dapat diantisipasi dengan cepat oleh perusahaan baik itu yang terjadi di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan, diantaranya masalah keterlambatan pengiriman bahan baku yang jelas sekali berpengaruh terhadap proses produksi perusahaan, masalah kesejahteraan pegawai seperti gaji, insentif yang menyebabkan pegawai kurang produktif di dalam melakukan pekerjaannya, masalah teritorial distributor, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar pihak perusahaan lebih tanggap di dalam mengetahui dan menyelesaikan masalah ini karena hal ini sangat berpengaruh di dalam keinginan perusahaan untuk merebut pangsa pasar dan image produk yang dihasilkannya. |