Pemasar dapat dikatakan baik, apabila dapat menghasilkan suatu produk yang diinginkan oleh konsumen, penetapan harga yang tepat serta mendistribusikan dan mempromosikan secara efektif dan efisien. Dengan suatu promosi yang efektif produk dapat memberikan informasi penting kepada konsumen, yang artinya akan menjadi bah an pertimbangan dalam membeli suatu barang. Promosi juga diharapkan dapat mempertahankan kepopuleran merk dan bahkan meningkatkannya. Dalam rangka menunjang kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat menetapkan dan menjadikan promosi yang tepat secara mendasar terdapat 4 macam alat promosi yaitu penjualan perorangan, promosi penjualan, periklanan dan publisitas. Penulis mengumpulkan data untuk skripsi ini dengan metode riset kepustakaan dan wawancara langsung dengan staf personalia ( BAB III ) dan staf advertising ( BAB IV ) PT Tancho Indonesia. Dalam skripsi ini penulis mencoba membandingkan bagaimana pengaruh strategi iklan terhadap penjualan secara teoritis dengan strategi iklan yang dilakukan oleh PT Tancho Indonesia dalam rangka meningkatkan penjualan perusahaan. Berdasarkan penelitian dan analisa penulis terhadap PT Tancho Indonesia ternyata dapat diketahui bahwa iklan hanya memberikan pengaruh sebesar 43,06% dan sisanya sebesar 56,94% adalah faktor-faktor lain, baik itu berupa bauran promosi yang lain, bauran pemasaran, kondisi perekonomian, dan lain-lain. Saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah sebaiknya PT Tancho Indonesia juga tidak mengabaikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penjualan, terutama terhadap faktor-faktor yang dapat dikendalikan, serta hendaknya lebih intensif dalam mengadakan evaluasi terhadap usaha-usaha yang telah dilakukan. |