Anda belum login :: 03 Jun 2025 06:55 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Kemampuan Menulis Dengan Alat Bantu Multimedia  
Oleh: Wijayanti, Sri Hapsari ; Prasadja, Heru ; Warmiyati, Maria Tri
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 13 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketiga Belas : Tingkat Internasional, Jakarta, 8-9 April 2015, page 87-91.
Topik: multimedia; paragraf eksposisi; menulis; peer review
Fulltext: (87-91) Sri H., Heru, P., M. Tri W. - Peningkatan Kemampuan . . . - 010415.pdf (117.37KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 13
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelPemelajaran dengan multimedia bukan metode yang baru dalam dunia pendidikan. Alat bantu multimedia memberikan solusi untuk mengatasi kejenuhan belajar bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan (1) mengamati adakah pengaruh multimedia terhadap kemampuan menulis paragraf ekspositoris di perguruan tinggi; (2) mengetahui apakah kemampuan nilai awal memengaruhi kemampuan responden menulis paragraf ekspositoris; (3) mengetahui apakah kategori nilai awal dan kelas (kontrol dan eksperimen) bersama-sama memengaruhi kemampuan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan tiga puluh mahasiswa di UAJ sebagai responden. Data dikumpulkan melalui tes menulis, observasi, kuesioner, dan FGD. Responden dibagi menjadi lima belas orang di kelas kontrol dan lima belas orang lagi di kelas eksperimen. Masing-masing kelas terdiri atas responden dengan nilai kemampuan awal berkategori rendah, sedang, dan tinggi. Dalam penelitian ini nilai postes diperlakukan sebagai variabel tergantung yang akan diamati apakah dipengaruhi oleh prates, kelas, dan kategori. Melalui statistika deskriptif dan Anacova ditemukan kemampuan menulis paragraf dipengaruhi oleh kelas, kategori nilai awal, dan interaksi kelas dan kategori
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)