Anda belum login :: 02 Jun 2025 20:46 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Penggunaan Bahasa Dalam Spanduk Iklan Partai Politik Periode 2014+2019 di Lombok Timur  
Oleh: Al-Pansori, Muh. Jaelani
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 13 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketiga Belas : Tingkat Internasional, Jakarta, 8-9 April 2015, page 39-42.
Topik: iklan partai politik; pilihan kata (diksi); dan gaya bahasa
Fulltext: (39-42) Muh. Jaelani Al-Pansori - Analisis Penggunaan . . . - 310315.pdf (155.56KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 13
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengertahui jenis makna kata dan gaya bahasa apa saja yang digunakan dalam spanduk iklan partai politik di Lombok Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai makna kata dan gaya bahasa apa saja yang digunakan dalam spanduk iklan partai politik di Lombok Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Data yang digunakan berupa kumpulan foto dari spanduk iklan partai politik di Lombok Timur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakanan analisis data interaktif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat diperoleh berbagai simpulan sebagai proses akhir analisis. Makna kata yang digunakan dalam spanduk iklan partai politik periode 2014-2019 di Lombok Timur adalah pilihan kata bermakna konotatif dan pilihan kata bermakna denotatif. Gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bahasa aliterasi, gaya bahasa asonansi, gaya bahasa personifikasi dan gaya bahasa hiperbola. Namun, gaya bahasa yang paling banyak digunakan ialah gaya bahasa hiperbola. Gaya bahasa hiperbola secara umum digunakan untuk menggambarkan keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing politisi dari partai politik yang mencalonkan diri.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)