PT Sari Ayu Indonesia (PT SAI) merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri kosmetika. Sebagai perusahaan yang besar PT SAI menghasilkan berbagai macam kosmetika dengan nama yang berbeda guna mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar; salah satunya adalah BIOKOS Martha Tilaar, serta memilki agen, cabang dan perwakilan yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Untuk mengetahul sejauh mana pengaruh Iklan kosmetika BIOKOS terhadap minat beli konsumen, Penulis melakukan suatu riset guna mendapatkan data yang diperlukan dalam analisa. Adapun sasaran kosmetika BIOKOS adalah konsumen yang berusia 30 tahun ke atas. Dalam rangka memperoleh data yang diperlukan, Penulis. melakukan wawancara dengan pihak perusahaan dan menyebarkan kuesioner kepada sejumlah responden yang terpilih sebagai sampel. Jenis pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner merupakan jenis pertanyaan tertutup (close ended). Setelah data yang diperoleh dianalisa maka didapatkan hasil bahwa sebagian besar responden sasaran yang mempunyai tingkat pendidikan Akademi dan Universitas serta bekerja sebagai wiraswastawati menyatakan iklan kosmetika BIOKOS biasa saja/kurang menarik sehingga banyak diantara para responden yang tidak berminat atau tidak ingin membeli BIOKOS. Dengan kata lain, iklan kosmetika BIOKOS mempunyai pengaruh yang tidak cukup besar/sedang-sedang saja terhadap minat beli konsumen sesuai dengan besarnya rrank = 0,78 dan R2 = 61% yang menunjukkan besarnya kontribusi iklan kosmetika BIOKOS terhadap minat beli konsumen. |