Anda belum login :: 18 Apr 2025 09:17 WIB
Detail
ArtikelPenerapan Prinsip Disain Pembelajaran dan Learning Object Untuk Situs Kelas Maya Mata Kuliah Gizi terapan  
Oleh: Prawiradilaga, Dewi Salma ; Istiany, Ari ; Ariani, Diana
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 18 no. 01 (Apr. 2014), page 94-112.
Topik: gizi terapan; desain pembelajaran; learning object; model IDLF; bahan belajar berbasis web
Fulltext: JJ1289518012014.pdf (559.01KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan baik bahan belajar berbasis web maupun panduan belajar untuk mata kuliah Gizi Terapan Pengembangan tersebut didasarkan pada prinsip deesain pembelajaran, learning object desain pesan dan pembelajaran mandiri personalisasi. Proses pengembangan menggunakan model Dabbagh & Bannan-Ritland yang dikenal dengan model "integrative learning design framework (IDLF)". Model ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu explorating, enactment, dan evaluation. Hasil tahap explorating adalah serangkaian permasalahan dan alternatif solusi untuk mengembangkan mata kuliah tersebut sebagai learning object. tahap enacment menghasilkan hal-hal apa saja yang harus dikembangkan/diproduksi sebagai aspek pembelajaran seperti urutan topik, naskah, produksi prototipa (vide klip, slide presentasi, draft panduan belajar dll), serta situs kelas maya mata kuliah Gizi Terapan tersebut pada http:://www.unj.web-bali.net. Evaluasi adalah tahap pembuktian melalui evaluasi satu-satu, review ahli, dan evaluasi kelompok kecil. Penelitian ini sendiri menggunakan tujuh siswa dari Program Studi tata Boga dan lima dosen sebagai ahli disiplin, yaitu ahli pembelajaran, desain pembelajaran, media (hypermedia) dan gizi terapan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)