Penelitian survai dilakukan terhadap konsumen bengkel UD Semar Motor untuk mengetahui efektifitas dan hubungan antara unsur-unsur datam bauran pemasaran. Juga diteliti keefektifan pemasaran jasa perbengkelan bengkel tersebut. Penelitian menggunakan sampel sebesar 90 responden yang diambil secara acak. Analisis data dilakukan baik secara deskriptif maupun inferensial melibatkan estimasi dan uji hipotesis mengenai proporsi, rata-rata dan hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan bauran pemasaran oli Federal yang signifikan sesuai dengan keinginan pengusaha minimal sebesar 60%. Unsur-unsur pemasaran jasa perbengkelan yang mencakup people (orang), phisycal environment (lingkungan fisik) and process (proses), dari penelitian menunjukkan hasil yang signifikan minimal 60% target pengusaha. Didapatkan hubungan nyata antara variabel bauran pemasaran produk dan harga, produk dan promosi, harga dan promosi. Untuk pemasaran jasa, terdapat hubungan nyata antara unsur-unsur orang-lingkungan fisik, orang-proses dan lingkungan fisik-proses. Analisis trend menunjukkan terdapat pertambahan rata-rata volume penjualan oli Federal dalam unit perbulan dan adanya gejolak musiman yang ditandai dengan angka indeks yang bergerak dari nilai terendah sampai nilai tertinggi. |