Anda belum login :: 24 Jul 2025 08:45 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Asesmen Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SMA pada Permainan Bolavoli  
Oleh: Guntur
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 18 no. 2 (2014), page 13-29.
Topik: asesmen hasil belajar; pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan; permainan bolavoli
Fulltext: 2858-7487-1-SM.pdf (334.57KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen asesmen yang valid dan reliabel untuk mengukur hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa SMA pada permainan bolavoli. Penelitian pengembangan mengadopsi penelitian pengembangan Borg and Gall dengan 10 langkah. Uji coba skala kecil dilakukan pada siswa Sekolah Laboratorium Olahraga FIK UNY yang berjumlah 24 anak dan uji coba skala besar pada siswa SMAN 1 Yogyakarta, SMAN 2 Wates, SMAN 1 Seyegan, SMAN 1 Sewon, dan SMAN 1 Tanjung Sari berjumlah 120 anak. Instrumen pengumpul data berupa pedoman observasi, sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis diskriptif. Hasil penelitian ini adalah instrumen pengamatan hasil belajar siswa penjasorkes pada permainan bolavoli yang memiliki indikator, deskripsi, rubrik, prosedur asesmen. Validitas isi berdasarkan expert judgement termasuk kategori baik dan reliabilitas interrater dengan paket program Genova menghasilkan koefisen sebesar 0,82, dan Cohen’s Kappa sebesar 0,79. Kesimpulan penelitian berdasarkan pendapat para guru ialah instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar penjasorkes siswa SMA pada permainan bolavoli.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)