Masalah pemasaran dari dulu hingga sekarang banyak dibicarakan oleh perusahaan, ini disebabkan karena jika strategi pemasaran ditetapkan benar maka perusahaan dapat meningkatkan penjualan dalam persaingan yang semakin ketat. Hotel Yasmin merupakan salah satu hotel resort yang berada di Puncak dengan fasilitas utama "Meeting and Convention". Selain itu dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk rekreasi atau sekedar beristirahat. Strategi yang digunakan oleh perusahaan di dalam melakukan penjualan, didasarkan pada analisis SWOT, yang menunjukkan bahwa masalah yang akan dihadapi di dalam persaingan semakin ketat. Baik dalam hal mencari koncumen maupun dalam memperoleh tenaga kerja yang terampil. Adapun kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Yasmin yaitu dengan meningkatkan kualitas produk yang diberikan, penetapan harga selain berdasarkan biaya juga mengikuti perkembangan pasar, distribusi dilakukan dengan membangun lagi dua hotel di wilayah lain dari Indonesia serta melakukan promosi melalui bonus, potongan harga dan periklanan. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan berdasarkan koefisien korelasi hubungan antara penjualan dengan tingkat laba terlihat bahwa ada hubungan erat dan positif antara penjualan dengan tingkat laba tersebut. Atas dasar ini penulis menarik kesimpulan bahwa kegiatan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan cukup efektif. Atas dasar di atas maka perusahaan tersebut sampai saat ini akan terus bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam menjual produk jasa perhotelan. |