Anda belum login :: 13 Jun 2025 07:11 WIB
Detail
ArtikelTipifikasi Kesalahan Kebahasaan dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Universitas Sanata Dharma dan Strategi Minimalisasinya sebagai Upaya Pemartabatan Bahasa Indonesia  
Oleh: Setiyaningsih, Yuliana ; Juningsih, Lucia ; Rahardi, R. Kunjana
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 27 no. 1 (Oct. 2014), page 50-72.
Topik: tipifikasi; tipe-tipe kesalahan; sebab-sebab kesalahan; pemartabatan bahasa; strategi optimalisasi
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) tipe-tipe kesalahan kebahasaan dalam penulisan skripsi mahasiswa, (2) sebab-sebab kesalahan kebahasaan dalam penulisan skripsi mahasiswa, dan (3) strategi meminimalisasi kesalahan kebahasaan sebagai upaya pemartabatan bahasa Indonesia. Sumber data lokasional penelitian ini adalah skripsi mahasiswa dari sejumlah prodi. Adapun yang menjadi data penelitian adalah berbagai kesalahan kebahasaan yang berupa kesalahan-kesalahan kalimat dalam skripsi mahasiswa. Objek sasaran penelitian adalah kesalahan sintaksis, pemakaian kata, dan pemakaian ejaan. Data dikumpulkan dengan menerapkan metode simak dengan teknik-teknik lanjutannya. Data dianalisis dengan menerapkan metode analisis distribusional. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut. (1) terdapat 3 klasifikasi kesalahan yaitu kesalahan sintaksis, pemakaian kata, dan pemakaian ejaan. Kesalahan pada tataran sintaksis terdiri atas (a) ketidaklengkapan unsur-unsur kalimat, (b) ketidaklengkapan unsur subjek pada kalimat sederhana, (c) ketidaklengkapan unsur perdikat, (d) penggunaan konjungsi intrakalimat, (e) penggunaan konjungsi ganda, dan (f) penggunaan konjungsi korelatif. Kesalahan pemakaian kata terdiri atas kesalahan (a) penggunaan afiks, (b) penulisan kata depan, dan (c) pemilihan kata. Kesalahan pemakaian ejaan terdiri atas kesalahan (a) penulisan tanda baca dan (b) penulisan kata serapan. (2) Penyebab terjadinya kesalahan kebahasaan adalah (a) kesalahan kebahasaan yang disebabkan oleh ketidakpahaman kaidah kebahasaan dan (b)kesalahan kebahasaan karena interferensi bahasa ibu. (3) Strategi meminimalisasi kesalahan kebahasaan sebagai upaya optimalisasi pemartabatan bahasa Indonesia dilakukkan dengan membenahi pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi yang difokuskan pada pembiasaan mengungkapkan gagasan ilmiah secara tertulis dan pembiasaan menyunting tulisan-tulisan tersebut dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)