Anda belum login :: 04 Jun 2025 16:54 WIB
Detail
ArtikelUsaha dan Pengembangan Industri Kecil Berbasis Komunitas Lokal  
Oleh: Singka, Fachry Noviar ; Panjaitan, Nurmala K. ; Muhandri, Tjahja
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Manajemen IKM vol. 09 no. 02 (Sep. 2014), page 158-169.
Topik: industri kecil; komunitas lokal; pengembangan usaha
Fulltext: 8744-24667-1-PB.pdf (537.1KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM87
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelRumah Kreatif Balikpapan (RKB) merupakan industri kecil batik tulis dan kerajinan daur ulang yang sedang berkembang. Industri kecil ini melibatkan komunitas lokal yang terdiri dari para penyandang disabilitas dan ibu-ibu rumah tangga. Keberadaan RKB merupakan bentuk kontribusi perusahaan minyak dan gas bumi (migas) terhadap masyarakat daerah operasi melalui program pemberdayaan masyarakat yang biasa disebut Corporate Social Responsibility. Kondisi RKB yang masih berkembang memerlukan strategi pengembangan usaha yang terarah dan sistematis. Penelitian ini bertujuan mengkaji kondisi usaha, kinerja dan menyusun strategi pengembangan usaha RKB dalam upaya meningkatkan kemandirian dan keberlangsungan usaha. Pengumpulan data dilakukan melalui obserasi, wawancara, focus group discussion dan penggunaan kuesioner kepada 30 responden yang kinerja dianalisis dengan Importance Performance Analysis (IPA). Untuk kajian strategi, data diolah dengan matrik Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal External (IE), analissi matriks Strength, Weakness, Oportunities and Threats (SWOT) serta Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Hasil pemetaan kinerja dan kepentingan konsumen menggambarkan RKB perlu meningkatkan alokasi sumber daya memadai untuk peningkatan kinerja dalam hal harga produk, kecepatan pemesanan, ketelitian pekerja, penanganan keluhan dan media promosi. Berdasarkan analisis SWOT dan QSPM didapatkan prioritas strategis pengembangan utama yang diimplementasikan adalah restrukturisasi organisasi dan sistem manajemen, meningkatkan promosi, menjalin kerja jasa sama dengan lembaga perbankan, menetapkan strategi harga pasar untuk menghadapi persaingan dan meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)