Anda belum login :: 03 Jun 2025 15:06 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar IPA
Oleh:
Nadia, Zulfa
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Teknodik vol. 18 no. 02 (Aug. 2014)
,
page 141-155.
Topik:
model guide inquiry
;
hasil belajar siswa
Fulltext:
JJ12814118022014.pdf
(144.1KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ128
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model guided inquiry dengan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Karang Satria Bekasi tahun pelajaran 2013-2014. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Sample diambil sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, siswa kelas VB sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan guided inquiry dan siswa kelas V C sebagai kelompok kontrol dengna menggunakan sistem konvensional. Instrumen berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multiple choice) dengan empat pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur pengaruh hasil belajar IPA siswa pada materi perubahan wujud. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model guided inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada perubahan wujud benda. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 4946 dan t tabel diperoleh sebesar 2,02. Ini menunjukkan t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan akhir yang dimiliki antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan setelah diberi perlakuan melalui model pembelajaran yang berbeda. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisss gain, rata-rata gain eksperimen sebesar 0,50 (tinggi) dan rata-rata gain kontrol sebesar 0,19 (rendah).
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)