Anda belum login :: 03 Jun 2025 03:12 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perspektif Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia AtmaJaya Terhadap Pelatihan Internet dan Teknology komputer oleh E-Learning Community
Oleh:
SARI, INTAN PERMATA
;
Rukmini, Elisabeth
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Majalah Kedokteran Damianus vol. 13 no. 01 (Feb. 2014)
,
page 17-26.
Topik:
e-learning
;
e-learning community
;
perspektif dosen
;
JABFUNG-ELR-2018-10
Fulltext:
203-332-1-SM.pdf
(85.99KB)
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
D01.K
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Latar belakang : E-learning Community (eLC) merupakan sebuah komunitas beranggotakan sekelompok mahasiswa yang paham teknologi. eLC bertugas untuk memberikan pelatihan kepada para dosen Fakultas Kedokteran universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FKUAJ) mengenai penggunaan teknology komputer dan internet, khususnya e-learning. Tujuan: untuk mengetahui sikap para dosen FKUAJ mengenai teknology komputer dan internet, baik sebelum maupun sesudah, diadakanya pelatihan oleh eLC. Metode : metode pengumpulan data dilakukan dengan kuantitatif dan kualitatif. secara kuantitatif, dilakukan pengukuran dengan Internet Atitude Scale (IAS) sebelum, setelah pelatihan, dan satu bulan setelah pelatihan. Metode kualitatif dilakukan dengan wawancara yang dilakukan kepada beberapa dosen yang mengikuti pelatihan. IAS diisi oleh 32 orang desen yang mengikuti pelatihan. kelompok ini terbagi dua bagian : 11 dosen yang mengikuti dua kali pelatihan dan 20 dosen yang mengikuti satu kali pelatihan. Data wawancara di peroleh dari 10 orang dosen. hasil : Analisis data kuantitatif menunjukan adanya peningkatan persepsi mengenai internet dari sebelum pelatihan (mean=3,5690) hingga sesudah pelatihan (mean=3,664) meskipun tidak signifikan dengan p=0,318 untuk mengikuti satu kali pelatihan dan p=0,651 untuk sosen yang mengikuti dua kali pelatihan. data kualitatif menunjukan hasil bahwa para dosen memiliki perspektif yang lebih positif mengenai e-learning setelah mengikuti pelatihan oleh eLC. Para dosen juga memberikan beberapa kritik dan saran yang membangun untuk perkembangan eLC ini . Selain itu, para dosen juga mendukung aktivitas eLC agar diberlakukan di Fakultas kodokteran Unika Atma Jaya. Kesimpulan: Pelatihan e-Learning oleh eLC memberikan peningkatan perspektif mengenai teknologi komputer dan internet bagi para dosen. Pelatihan oleh eLC dinilai membantu dosen mempelajari e-Learning serta memanfaatkannya dalam proses belajar mengajar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)