PT. Toyota Astra Motor merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri otomotif dan khusus memproduksi kendaraan bermotor merek Toyota, sedangkan PT. Astra International Toyota Sales Operation atau lebih dikenal dengan nama AUTO 2000 adalah salah satu anak perusahaan PT. Astra International yang khusus memasarkan kendaraan bermotor merek Toyota, AUTO 2000 menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk mempertahankan citra Toyota sebagai pemimpin pasar. Strategi pemasaran PT. TAM dalam upaya pengembangan pangsa pasar dilakukan dengan menghasilkan produk yang bermutu, memberikan pelayanan purna jual yang memuaskan kepada pelanggan, mengembangkan jaringan distribusi yang luas dan mengembangkan produk-produk baru secara inovatif. Dalam menghadapi masa krisis moneter pada tahun 1998, progran efisiensi perusahaan akan semakin diketatkan pada seluruh unit kerja. Contohnya adalah sektor otomotif akan mengalami pengurangan produksi dan mungkin akan diberhentikan untuk sementara waktu serta adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan segala bentuk pengeluaran akan dicermati dengan seksama. Pada awal tahun 1997, kendaraan Toyota Kijang terbaru yang dikenal dengan "Kijang Bara" mulai diperkenalkan kepada masyarakat Sambutan masyarakat cukup menggembirakan dan berhasil meningkatkan volume penjualan Toyota Kijang. Produk terbaru tersebut memiliki prospek cerah dalam meningkatkan pasar Kijang di masa mendatang dan ini merupakan hasil dari efisiensi dan efektivitas manajemen perusahaan. Dari hasil penelitian dan analisis tentang besarnya promosi penjualan dalam meningkatkan volume penjualan, diperoleh r (koefisien korelasi) sebesar 0,9958. Hal ini menunjukkan bahwa antara kegiatan promosi dengan hasil penjualan mempunyai hubungan yang searah dimana kenaikan tingkat biaya promosi akan menyebabkan kenaikan hasil penjualan dan begitu juga sebaliknya. |