Salah satu cara yang dapat diupayakan perusahaan untuk membedakan dirinya dari pesaing adalah dengan menggunakan strategi saluran distribusi yang tepat dan lebih efektif dari pesaing. PT. KENARI DJAJA PRIMA adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan perlengkapan bangunan modern. Adapun salah satu merek perlengkapan pintu rumah yang diperdagangkan oleh PT. KDP adalah "LOGO" yang merupakan produk kelas dua dan ditujukan bagi golongan menengah ke bawah. Produk ini memiliki dua golongan konsumen, yaitu konsumen industri (industrial consumers), serta konsumen rumah tangga (household consumers). Dalam memasarkan produk LOGO, PT. KDP hanya menerapkan satu macam strategi saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran langsung (zero level channel). Strategi distribusi yang diterapkan PT. KDP ini dinilai kurang tepat mengingat target market yang dilayaninya. Produk perlengkapan pintu bermerek Logo ini, merupakan produk yang ditujukan bagi segmen menengah ke bawah, yang tentunya memiliki ciri dan kebiasaan yang berbeda dari segmen menengah ke atas yang selama ini dilayani PT. KDP. Saran: penambahan jumlah distributor memberikan dampak kenaikan penjualan yang cukup berarti bagi penjualan yang dihasilkan oleh konsumen rumah tangga. |