Anda belum login :: 25 Apr 2025 06:41 WIB
Detail
BukuPenyusunan dan Evaluasi Tes Pengetahuan Umum bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: Pratiwi, Henning ; Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor)
Topik: Pengetahuan Umum; Taraf Kesukaran; Daya Pembeda; Validitas Tes; Reliabilitas Tes
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1992    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Henning Pratiwi Undergraduated Theses.pdf (2.1MB; 3 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-77
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Untuk mengetahui penguasaan siswa akan pengetahuan umum, diperlukan seperangkat instrumen tes yang memadai. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui taraf kesukaran setiap butir soal, daya pembeda setiap butir soal, tingkat validitas dan besarnya reliabilitas instrumen Tes Pengetahuan Umum, yang disusun bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Santa Maria Fatima, Jalan Raya Jatinegara Barat 122 Jakarta Timur. Subyek penelitian sebanyak 150 siswa. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 1991-1992.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat pencandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Untuk mengetahui validitas tes dicari dengan criterion related validity, yaitu dengan mengkorelasikan Tes Pengetahuan Umum dengan Tes Pengetahuan Bahasa sebagai kriterium. Perhitungan reliabilitas tes dengan menggunakan rumus Kuder-Richardson 20 (K-R 20).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes ini memiliki koefisien validitas sebesar 0,603. Koefisien validitas ini lebih besar daripada koefisien tabel pada taraf signifikansi 1% (0,384, n = 44). Reliabilitas Tes Pengetahuan Umum ini sebesar 0,68. Rata-rata taraf kesukaran tes ini adalah 0,50 dengan indeks kesukaran antara 0,31 sampai dengan 0,63. Dari 40 butir soal yang diteliti, ada 28 butir soal yang mempunyai daya pembeda memadai, 10 butir soal mempunyai daya pembeda rendah dan 2 butir soal mempunyai daya pembeda negatif. Revisi untuk penyempurnaan dilakukan terhadap 10 soal yaitu soal nomor 1, 6, 11, 13, 16, 18, 19, 37, 38 dan 40. Tujuh soal harus dibuang karena kurang memenuhi syarat, yaitu soal nomor 12, 14, 25, 26, 31, 32 dan 36. Dengan demikian jumlah soal yang dapat dipakai sebanyak 33 butir.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)