Anda belum login :: 11 Jun 2025 01:42 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Struktur Pengendalian Intern pada Prosedur Penjualan dan Penerimaan Kas Hotel X
Bibliografi
Author:
Kumala, Linda
;
Sunidja, Muliadi
(Advisor)
Topik:
ACCOUNTING SYSTEM
;
Struktur pengendalian intern pada Hotel X.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
1998
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Linda Kumala's Undergraduate Theses.pdf
(2.22MB;
1 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEA-1217
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Negara Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang. Salah satu ciri negara yang sedang berkembang adalah melaksanakan pembangunan di berbagai sektor. Dengan semakin meningkatnya pembangunan berarti terjadi pula peningkatan dalam bidang usaha, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta. Salah satunya di sektor pariwisata, khususnya di bidang perhotelan. Hotel adalah suatu usaha yang memberikan pelayanan jasa berupa penyewaan kamar, makanan dan minuman serta pelayanan-pelayanan khusus lainnya. Pelayanan yang baik dan kenyamanan hotel merupakan hal yang menjadi daya tarik hotel. Pada masa sekarang telah banyak bermunculan hotel-hotel sejenis yang menyediakan fasilitas lengkap dan modern. Hal inilah yang menimbulkan persaingan dalam dunia bisnis yang tidak dapat dihindari. Persaingan yang terjadi antar perusahaan ini mendorong perusahaan untuk meningkatkan sistem manajemennya untuk melakukan kegiatan-kegiatan perusahaan seefektif dan seefisien mungkin. Apabila pengelolaan kegiatan perusahaan itu berjalan dengan baik, maka akan menunjang tercapainya tujuan perusahaan yaitu mencapai laba maksimal. Faktor-faktor yang berkaitan dengan prosedur penjualan adalah penerimaan pesanan, dimana pelayanan yang baik akan membuat tamu puas dan betah tinggal di Hotel "X" Faktor lainnya adalah prosedur penerimaan kas. Penerimaan kas ini merupakan bagian yang menentukan, karena uang hasil penerimaan kas ini merupakan sesuatu hal yang paling mudah untuk diselewengkan. Karena itu, pengendalian intern dalam prosedur kas harus berjalan dengan baik, demikian pula dalam prosedur penjualan pengendalian intern harus berjalan dengan baik. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, untuk mencapai semua itu, haruslah dapat tercipta suatu struktur pengendalian intern yang baik, yang didukung oleh sumber daya manusia yang memadai. Sebab sumber daya manusia sebagai pelaku di dalam suatu struktur yang ada, memiliki keterlibatan dan kelemahan dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan apa yang telah ditetapkan. Di sini penulis melakukan analisa terhadap struktur pengendalian intern dalam prosedur penjualan dan penerimaan kas pada Hotel "X". Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis. Data-data yang diperoleh penulis merupakan hasil tinjauan langsung ke Hotel "X" serta melihat dan membaca literatur-literatur, dan dari bahan-bahan kuliah yang diberikan oleh para dosen.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)