Anda belum login :: 25 Jul 2025 21:13 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Faktor-Faktor Protektif Internal dan Eksternal pada Resiliensi Akademis Siswa Penerima Bantuan Khusus Murid Miskin (BKMM) di SMA Negeri di Depok
Oleh:
Hartuti
;
Mangunsong, Frieda M.
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Jurnal Psikologi Indonesia vol. 6 no. 2 (2009)
,
page 107-119.
Topik:
resiliensi akademis
;
faktor protektif
;
murid miskin
Fulltext:
06_02_03_Hartuti_Frieda.pdf
(407.79KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk melihat signifikansi pengaruh faktor protektif internal dan eksternal terhadap resiliensi akademis siswa dalam faktor risiko kemiskinan. Resiliensi akademis akan dilihat pengaruhnya terhadap prestasi belajar sebagai hasil adaptasi positif siswa dalam faktor risiko kemiskinan tersebut. Faktor protektif internal yang diteliti adalah: kerjasama & komunikasi, empati, kemampuan memecahkan masalah, efikasi diri, kesadaran diri, tujuan & aspirasi, dan religiusitas. Faktor protektif eksternal yang diteliti adalah: hubungan hangat, pengharapan tinggi, dan partisipasi berarti di lingkungan. Subyek penelitian adalah siswa penerima Bantuan Khusus Murid Miskin (BKMM) di SMA Negeri di Depok. Data dianalisis dengan analisis jalur. Diperoleh hasil bahwa faktor protektif internal yang berpengaruh signifikan adalah efikasi diri dan kesadaran diri, sedangkan faktor protektif eksternal yang berpengaruh signifikan adalah pengharapan tinggi dari lingkungan. Resiliensi akademis ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil tersebut menegaskan bahwa, meskipun sesama SMA Negeri, masih belum ada standar prestasi belajar yang bisa membedakan siswa resilien dan tidak resilien secara akademis.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)