Dengan tujuan untuk melihat aplikasi salah satu teori marketing secara praktis di dalam perusahaan, maka penulis menyusun skripsi dengan judul "Pengaruh Strategi Periklanan Terhadap Tingkat Penjualan" yang merupakan suatu studi pada P.T. Bintang Toedjoe. Konsentrasi dari skripsi ini adalah manajemen pemasaran khususnya masalah periklanan. Penulisan skripsi ini ditunjang dengan menggunakan metode penelitian berupa riset kepustakaan dan riset lapangan berupa observasi, komunikasi (wawancara), dan pengumpulan brosur. Dalam usahanya meningkatkan penjualan obat sakit kepala no. 16, pemasar mencoba menerapkan strategi periklanan yang dibuat berdasarkan pola tingkah laku konsumen sasaran yaitu masyarakat golongan bawah dan pedesaan dan fase atau proses pengambilan keputusan pembelian. Pemasar juga mencoba melihat posisi perusahaan dibandingkan dengan pesaing, dan atas dasar analisa ini disusun strategi periklanan yang efektif dan efisien; antara lain dengan memasuki pasar yang baru dan semakin intensifnya periklanan yang diterapkan, melalui beberapa media iklan, seperti radio, surat kabar, dan mobil propaganda. Dari hasil perhitungan secara kuantitatif hubungan antara biaya iklan dengan penjualan, diperoleh suatu gambaran bahwa iklan mempunvai pengaruh yang cukup baik terhadap tingkat penjualan khususnya iklan melalui radio, yang memberikan tingkat efisiensi lebih yang tinggi dibandingkan dengan media lain seperti mobil propaganda. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah bahwa iklan dapat meningkatkan volume penjualan apabila strategi periklanan disusun dengan rencana yang baik, termasuk didalamnya rencana anggaran, media, isi berita, yang didukung dengan pengetahuan yang benar mengenai pasar sasaran dan faktor pesaing. |