Anda belum login :: 06 Jun 2025 09:15 WIB
Detail
ArtikelTindak Perintah dalam Wacana Kelas: Kajian Strategi Bertutur di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Palu  
Oleh: Karim, Ali
Jenis: Article from Bulletin/Magazine
Dalam koleksi: Widyaparwa: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan vol. 39 no. 2 (Dec. 2011), page 167-175.
Topik: tindak tutur; perintah; wacana dalam kelas; speech acts; command; classroom discourse
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW3
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk menguraikan strategi tindak perintah dalam wacana kelas, meliputi (1) strategi perintah guru dan penerapannya terhadap siswa, (2) strategi perintah siswa dan penerapannya terhadap guru, dan (3) strategi perintah siswa dan penerapannya terhadap sesama siswa . Dari analisis data ditemukan bahwa strategi tindak perintah guru dan penerapannya terhadap siswa meliputi strategi langsung dan tidak langsung. Strategi langsung mencakup strategi, yaitu (1) perintah biasa, (2) perintah dengan argumen, dan (3) perintah dengan keharusan. Strategi tidak langsung disampaikan lewat cara deklaratif dan interogatif. Sementara itu, dalam percakapan antara siswa kepada guru, tindak perintah disampaikan lewat strategi tidak langsung. Kedua, dalam percakapan sesama siswa, tindakan perintah disampaikan lewat strategi langsung.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)