Anda belum login :: 07 Jun 2025 01:33 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Students' Accessibility and Intensity to the Online Program
Oleh:
Yuliana, Ernik
;
Wardini, Tuty Maria
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh vol. 14 no. 1 (Mar. 2013)
,
page 24-32.
Topik:
Aksesibilitas
;
Intensitas
;
Tutorial Online
Fulltext:
03 PTJJ 14(1) 2013 Students Accessibility (Ernik) 24-32(1).pdf
(102.62KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ143.3
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Salah satu jenis tutorial yang dikembangkan Universitas Terbuka (UT) adalah tutorial online, yaitu bentuk alternatif tutorial yang mempercepat proses interaksi antara mahasiswa dengan tutor. Tujuan penulisan artikel adalah menganalisis upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan intensitas mahasiswa dalam tutorial online. Responden penelitian adalah mahasiswa Program Studi Agribisnis FMIPA-UT yang dipilih dengan sengaja berdasarkan tingkat keaktifan dalam tutorial online. Teridentifikasi ada 90 mahasiswa yang aktif, dan dikirimkan kuesioner kepada mereka. Jumlah kuesioner yang telah diisi dan dikirim kembali adalah 38 kuesioner. Kuesioner dikirimkan kepada responden melalui pos, e-mail, dan disisipkan dalam tutorial online. Pengumpulan data menggunakan metode sensus, data dianalisis secara deskriptif dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas dan intensitas mahasiswa dalam tutorial online adalah rendah, ditunjukkan dengan jumlah waktu akses < 1,7 jam per minggu, dan frekuensi akses (1-11 jam per minggu). Artinya, responden belum memanfaatkan tutorial online dengan optimum sebagai media pembelajaran. Sebagian besar responden mempunyai interaksi yang sedang. Mereka lebih banyak terfokus pada bagian utama dalam tutorial online, yaitu forum diskusi, sementara beberapa bagian lain dalam tutorial online belum dimanfaatkan. Upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan intensitas mahasiswa dalam tutorial online adalah: 1) meningkatkan sosialisasi pelaksanaan tutorial online kepada mahasiswa; 2) mengembangkan materi inisiasi yang menarik; 3) pembekalan tutor; 4) kerja sama UT dengan penyedia jaringan internet di daerah untuk memperluas akses mahasiswa terhadap tutorial online.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)