Anda belum login :: 18 Apr 2025 18:41 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Multimedia Interaktif untuk Empat Keterampilan Berbahasa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Semester Genap  
Oleh: Nugrahanta, Gregorius Ari ; Dewi, Rishe Purnama
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 24 no. 02 (Apr. 2013), page 152-164.
Topik: Penelitian Pengembangan; Multimedia Interaktif; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Keterampilan Berbahasa
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian pengembangan ini disusun dengan tujuan (1) menghasilkan produk penelitian multimedia interaktif untuk pembelajaran empat keterampilan berbahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD semester genap melalui prosedur penelitian pengembangan, dan (2) memaparkan hasil validasi multimedia interaktif yang telah dikembangkan. Penelitian ini disusun dengan mengadaptasi model Borg dan Gall, Criswell, dan Reigeluth. Prosedur penelitian melalui empat tahapan, yaitu analisis kebutuhanm, desain, produksi, validasi dan revisi. Validator penelitian ini meliputi pakar pembelajaran bahasa,pakar media, dan guru bahasa. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas V yang meliputi SD Kanisius Gayam, SD Kanisius Wirobrajan, SD Kanisius Sorowajan, SD Kristen Kalam Kudus, dan SD Tarakanita Bumijo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia yang dihasilkan berkategori sangat baik dengan rata-rata hitung sebesar 4,56. Hal ini berarti media dan produk pembelajaran yang dihasilkan dapat dipergunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa SD kelas V semester genap.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)