Anda belum login :: 07 Jun 2025 02:09 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Model Behavioural Scoring pada Bisnis Pembiayaan Konsumen Menggunakan Analisis Daya Tahan (Studi Kasus: PT Karya Besar Cabang Bogor)
Oleh:
Siregar, Hermanto
;
Setiawan, Andi
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Manajemen Teknologi vol. 13 no. 1 (2014)
Topik:
Cox Proportional Hazard
;
Daya Tahan
;
Jasa Keuangan
;
Non Perfoming Loan
;
Risiko Kredi
Fulltext:
847-2003-1-PB.pdf
(2.77MB)
Isi artikel
Kompetisi dalam industry jasa keuangan mendorong peningkatan risiko kredit. PT. Karya Besar sebagai perusahaan jasa keuangan harus mengelola risiko kreditnya secara efektif untuk meminimalkan tingkat non perfoming loan (NPL). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel yang signifikan mempengaruhi risiko kredit, mengukur potensi risiko kredit berdasarkan model behavioural scoring. dan mengembangkan strategi pengelolaan account secara efektif dan efisien. Peluang gagal bayar diprediksi dengan model behavioural scoring yang menggunakan nalisa daya tahan. Penelitian ini menggunakan kombinasi antara variabel yang bergantung dengan waktu dan variabel yang statis dalam model cox proportional hazard. Variabel Delinquency, down payment, installment to income ratio, dan balance hutang signifikan secara statistik dalam model behavioural scoring. Strategi pengelolaan account yang efektif dan efisien akan dikembangkan berdasarkan model behavioural scoring. Hasil simulasi penerapan model behavioural scoring menunjukkan penurunan tingkat NPL dan biaya operasional
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)