Distribusi merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran yang penting dan sebagai salah satu faktor penunjang yang menentukan naik atau turunnya penjualan produk di suatu perusahaan, karena walaupun suatu produk memiliki keunggulan dan punya kwalitas yang baik, harga yang terjangkau atau dipromosikan secara besar-besaran tapi jika tidak memiliki saluran distribusi yang tepat, efektif dan efisien maka keberhasilan penjualan suatu produk tidak akan tercapai secara maksimal. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk menyusun skripsi mengenai saluran distribusi sebagai obyek penelitian dan penulis memilih produk obat dan jamu tradisional yang diproduksi oleh PT. ONTA ALPACA yang berlokasi di Jl. Ketapang Utara I No. 44, Jakarta Barat. Untuk mengetahui hubungan antara biaya distribusi terhadap hasil penjualan produk, penulis menggunakan perbandingan antara naik turunnya biaya distribusi terhadap naik turunnya hasil penjualan setiap tahunnya. Dari hasil analisa korelasi yang diperoleh melalui perhitungan koefisien penentu untuk mengetahui berapa besar kontribusi antara kedua variabel, didapat hasil r = 0,93% (hampir mendekati 1) dan Kp = 86,49% ini berarti bahwa biaya distribusi punya hubungan kuat dan positif terhadap hasil penjualan produk perusahaan, dan hasilnya oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan yang dapat diambil dari analisa dan data perusahaan adalah bahwa saluran distribusi mempunyai peranan yang penting bagi perusahaan sehingga untuk masa yang akan datang, perusahaan harus lebih mengefektifkan dan mengefisienkan saluran distribusinya untuk pencapaian hasil yang lebih baik dan tujuan perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan laba perusahaan akan lebih cepat tercapai. |