Gerak langkah pemerintah dalam bidang kesehatan, melalui pengadaan obat-obatan, diikuti oleh peningkatan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kesehatan. Mengingat banyak jenis obat - obatan yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, maka pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk terjun ke dunia farmasi. Sejalan dengan hal itu, serta dalam rangka penanaman modal dalam negeri di sektor farmasi, PT. Kalbe Farma berpartisipasi dalam menjalankan usaha - usaha untuk bidang produksi dan pengadaan berbagai jenis obat. Dengan makin banyaknya perusahaan farmasi yang bermunculan di Indonesia, mengakibatkan persaingan semakin ketat dan tajam, agar perusahaan bertahan dan dapat meningkatkan penjualan produk - produknya, maka diperlukan adanya strategi pemasaran yang dikenal dengan marketing mix "4P" (bauran pemasaran) yang terdiri dari pengembangan suatu produk dengan lebih baik, memberi harga yang bersaing, dan mengusahakan distribusi produk secara merata kepada konsumen, di samping itu diperlukan juga adanya usaha promosi sebagai alat komunikasi antara produsen dan konsumen, yang bersifat persuasif, sehingga pada akhirnya terbentuk loyalitas dari pelanggan terhadap produk - produk perusahaan tersebut. Kegiatan promosi dari perusahaan farmasi untuk produk - produk golongan OTC, yang umum digunakan adalah periklanan. Obat flu "Pc" yang ditujukan untuk golongan menengah ke bawah dan dijual bebas ke masyarakat, ada dalam lingkup pasar yang pure competition, di mana terdapat sejumlah produsen obat yang tidak lagi memiliki perbedaan-perbedaaan yang distinctive pada masing - masing obat yang dihasilkan. Hal ini menyebabkan para produsen obat flu terbatas dalam hal penentuan harga obat flu, sedangkan para konsumen bebas melakukan pilihan terhadap obat - obat flu yang tersedia. Penulis tertarik, untuk mengetahui bagaimana efektifitas pelaksanaan kegiatan periklanan yang dijalankan oleh PT. Kalbe Farma dalam usahanya untuk meningkatkan volume penjualan terhadap obat flu "Pc", mengingat banyaknya produsen obat sejenis yang juga gencar mempromosikan produknya. Setelah menganalisa dengan membuat korelasi antara biaya iklan obat flu "Pc" dengan hasil penjualannya, ternyata diketahui bahwa periklanan yang dijalankan oleh PT. Kalbe Farma terhadap obat flu merek "Pc" berhubungan erat dan membawa pengaruh yang positif bagi peningkatan volume penjualan obat flu "Pc" dari tahun ke tahun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa iklan obat flu "Pc" efektif dalam mempengaruhi konsumen di seluruh Indonesia untuk membeli obat flu" Pc". Sedangkan berdasarkan hasil kuesioner kepada 100 responden di wilayah Jakarta Barat, diperoleh hasil sebagai berikut: Pada umumnya responden mengenal iklan obat flu "Pc" sebagai iklan yang mudah diingat dan ditirukan kata - katanya. Walaupun demikian, tindakan pembelian mereka terhadap obat flu "Pc" ternyata biasa - biasa saja. Hal ini disebabkan sebagian dari mereka pada umumnya lebih memilih obat flu merek lain yang dianggap lebih manjur dan mantap untuk menyembuhkan flu. |