Penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam menganalisa peranan periklanan terhadap hasil penjualan kecap pada perusahaan kecap dan sambel cap Bango yaitu dengan melakukan perbandingan antara biaya periklanan dengan hasil penjualan yang dicapai. Cara yang dilakukan yaitu melakukan berbagai kegiatan promosi yang bertujuan untuk menarik konsumen dalam meningkatkan hasil penjualan. Unsur-unsur promosi yang dipakai untuk mengetahui apakah penjualan tersebut mengalami peningkatan adalah advertising, personal selling, sales promotion dan publicity. Data yang dipakai perusahaan adalah data yang diperoleh dari perkembangan biaya periklanan terhadap hasil penjualan yang dicapai, dan dianalisis menggunakan perhitungan statistik yaitu analisa korelasi. Penggunaan koefisien korelasi ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara biaya periklanan dengan hasil penjualan. Hasil secara analisis yang telah dilakukan adalah adanya hubungan antara kegiatan promosi dengan hasil penjualan kecap pada perusahaan kecap dan sambel cap Bango adalah kuat dan positif, di mana kenaikkan biaya iklan dukuti dengan kenaikkan penjualan. Hal itu terlihat dalam koefisien korelasi, di mana hubungan korelasi antara biaya promosi sebagai tolok ukur dan kegiatan promosi dengan hasil penjualan adalah positif 0,95. Hal ini berarti jika biaya promosi dinaikkan maka secara langsung hasil penjualan yang diperoleh akan meningkat dengan sendirinya. |