Seperti diketahui negara kita sedang membangun gedung-gedung baik gedung kantor, sekolah, apartemen, hotel dan sebagainya. Ini merupakan peluang bagi para produsen armatur lampu. Peluang ini menyebabkan banyak perusahaan yang menjalankan usaha ini, sehingga persaingannya sangat ketat. Dengan demikian pemasaran menjadi salah satu kegiatan penting dalam perusahaan yang umumnya bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar dan kuantitas penjualannya. Demikian juga dengan PT. LOMM Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi armatur lampu. Perusahaan ini sangat memperhatikan segi pemasarannya untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan mengembangkan perusahannya. Dengan persaingan yang sangat ketat PT. LOMM Indonesia berusaha menghadapi pesaing-pesaingnya dengan strategi pemasaran yang paling tepat dan efektif yaitu penjualan perseorangan. Melihat PT. LOMM Indonesia sebagai perusahaan yang relatif baru namun mampu mempertahankan perusahaannya dan berusaha untuk mengembangkannya, penulis melakukan studi pada PT. LOMM Indonesia di jalan K.H. Zainul Arifin 33 R-S, Ketapang, Jakarta. Adapun tujuan studi ini adalah untuk menguraikan pentingnya penjualan perseorangan yang dijalankan oleh para pemasar pada PT. LOMM Indonesia, menguraikan serta berusaha mengatasi beberapa masalah yang dihadapi perusahaan ini dalam kegiatan penjualan perseorangan yang dijalankan. Setelah penulis melakukan studi terhadap strategi penjualan yang dilakukan oleh PT. LOMM Indonesia, penulis berkesimpulan bahwa memang penjualan perseorangan yang dilakukan oleh PT. LOMM Indonesia adalah yang paling tepat dan efektif. Disamping itu, penulis menyarankan agar PT. LOMM Indonesia juga melakukan promosi penjualan yang lain seperti memasang iklan di surat kabar atau majalah yang tepat, memberikan agenda atau kalender kepada para konsumen, dan selain itu membentuk grup penjualan perseorangan yang lebih kuat lagi. |