Anda belum login :: 21 Feb 2025 19:45 WIB
Detail
ArtikelPenyusunan Rubrik Kelas Berbicara BIPA 1  
Oleh: Riny, Triana Mutia
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 11: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kesebelas, Jakarta,1-2 Mei 2013, page 63-68.
Topik: rubrik; rubrik analitik; tes pencapaian
Fulltext: PENYUSUNAN RUBRIK KELAS.pdf (33.54KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 11
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: 1
    Lihat Detail Induk
Isi artikelJumlah pembelajar bahasa Indonesia sebagai bahasa asing semakin banyak. Umumnya, mereka berkeinginan untuk mempelajari bahasa Indonesia untuk dapat berkomunikasi. Untuk itu, mereka mengikuti program pembelajaran bahasa Indonesia, seperti Program BIPA. Di dalam proses pembelajarannya, mereka diajarkan kemahiran berbicara sesuai dengan tingkatannya. Kemahiran Berbicara BIPA 1 bertujuan agar para pembelajar dapat berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui capaian pembelajaran mereka, dilakukan pengetesan. Di dalam mengetes, keberadaan rubrik sebagai alat bantu untuk mengukur kemampuan berbicara peserta ujian sangat penting. Rubrik disusun sesuai kebutuhan para penguji. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menyusun rubrik kemahiran Berbicara BIPA 1. Di dalamnya terdapat langkah-langkah penyusunan rubrik sesuai kebutuhan kelas tersebut. Penelitian ini merupakan gabungan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Hasilnya berupa rubrik analitik yang memiliki enam objek performa dengan empat tingkatan kemampuan yang andal dan praktis
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)