Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kepuasan konsumen menurut karakteristiknya dengan nilai-nilai apartemen Puri Raya menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai alal pengumpul data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen penghuni apartemen Puri Raya sebagjan besar adalah berstatus menikah, berusia 31 tahun hingga 50 tahun, berpendidikan akademi dan universitas, bekerja sebagai wiraswasta/pengusaha dan berpenghasilan 3 juta hingga 5 juta perbulan. Sementara itu sebagian besar konsumen penghuni apartemen Puri Raya dengan karakteristik seperti diatas merasa puas dengan nilai-nilai yang ada pada apartemen Puri Raya yaitu lokasi, lingkungan, desain bangunan, muni atau kuahtag, fasilitas dan sarana, prestise, harga,dan cara pembayaran. Dari nilai-nilai tersebut kepuasan konsumen tertinggi adalah lokasi, karena lokasinya yang strategis terletak diwilayah segitiga emas, berada dalam kawasan "3 in 1", dekat dengan pusat bisnis dan pertokoan, dan dekat dengan pintu tol. Oleh karena itu maka pemasaran yang dilakukan oleh PT Sarilembah Tirta Hijau selalu menekankan kepada lokasinya yang strategis, seperti dalam iklan maupun brosur. Dari kedelapan nilai-nilai yang membuat konsumen puas, cara pembayaran adalah nilai yang kurang memuaskan konsumen, karena cara pembayaran yang digunakan oleh PT Sarilembah Tirta Hijau adalah menggunakan Dollar Amerika, sedangkan penghasilan masyarakat Indonesia berdasarkan Rupiah, sehingga otomalis jika Dollar naik maka pengeluaran yang dikeluarkan semakin banyak, sedangkan penghasilannya tetap. Selain itu jika pembayaran dilakukan secara kredit, maka bunga yang diterapkan adalah bunga berfluktuasi, dimana pada bunga berfluktuasi tingkat bunga berdasarkan keadaan ekonomi, sehingga konsumen kesulitan memprediksikan berapa besar bunga yang harus dibayarkannya. Untuk mengantisipasi hal ini, dalam strategi pemasarannya maka PT Sarilembah Tirta Hijau dapat menerima Rupiah setelah dikonversikan dari Dollar. |