Anda belum login :: 16 Apr 2025 23:31 WIB
Detail
ArtikelManajemen Pendidikan Sekolah dan Kualitas Pendidikan (Studi pada Kualitas Pendidikan di Provinsi Papua)  
Oleh: Indubri, Paulus. Y ; Idrus, M.S. ; Salim, Ubud ; Djumahir
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Aplikasi Manajemen vol. 11 no. 2 (2013), page 317-330.
Topik: kebijakan sekolah; kualitas pendidikan
Fulltext: 584_Pas.pdf (263.94KB)
Isi artikel Pada penelitian ini, subjek yang dianalisis dan dites empiris akan berefek: 1) jika guru yang profesional berpengaruh dalam manajemen pendidikan schooling, 2) jika kurikulum berpengaruh terhadap manajemen pendidikan schooling, 3) jika hasil belajar berpengaruh terhadap manajemen pendidikan schooling, 4 ) jika guru yang profesional berpengaruh kepada kualitas pendidikan, 5) jika kurikulum berpengaruh terhadap kualitas pendidikan, 6) jika hasil belajar berpengaruh terhadap kualitas pendidikan, dan 7) apakah manajemen pendidikan schooling berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan format desain afiliasi (pendekatan pencampuran), yang didukung oleh pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif sebagai pendekatan minor. Lokasi penelitian pada 20 Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Provinsi Papua dengan pembagian sebagai berikut: 1) Kabupaten/Kota di Provinsi Papua bagian utara, yaitu: Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Supiori, Kabupaten Subur, Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen, dan Kabupaten Waropen, 2) Kabupaten/ Kota di Provinsi Papua bagian tengah, yaitu: Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Puncak Jaya, dan Kabupaten Yahukimo, dan 3) Kabupaten/kota di Provinsi Papua selatan, yaitu: Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, Kabupaten Boven Digoel, dan Kabupaten Mappi. Hasil observasi menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan khausal antara faktor pengajar profesional, kurikulum, hasil belajar, manajemen pendidikan dengan kualitas pendidikan, 2) manajemen pendidikan schooling merupakan penentu kualitas pendidikan, tetapi juga ditentukan oleh pengajar profesional, kurikulum, dan tingginya hasil belajar . Jika manajemen pendidikan sesuai dengan yang diharapkan dalam manajemen mutu pendidikan yang baik sehingga akan tercapai kebalikannya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)