Anda belum login :: 25 Jul 2025 22:13 WIB
Detail
ArtikelTeaching Writing to College Students in Indonesia: Problems and Challenges  
Oleh: Sugiharto, Setiono
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Atma nan Jaya vol. 14 no. 1 (Apr. 2001), page 32-44.
Topik: Teaching; Teaching Writing
Fulltext: Teaching writing.pdf (6.27MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: AA48.11
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: A66
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelUpaya untuk meningkatkan efektivitas pengajaran menulis telah dikembangkan dengan menggeser paradigma lama (tradisional) yang menitik beratkan pada produk akhir dan kaidah-kaidah bahasa ke paradigma baru yang menekankan pada proses menulis. Akan tetapi pergeseran paradigma itu tidak membawa perubahan yang signifikan dalam pengajaran menulis di Indonesia. Sebaliknya pergeseran paradigma tersebut meninggalkan banyak permasalahan yang tidak terpecahkan. Bagi kebanyakan guru di Indonesia, menulis masih dianggap sebagai suatu usaha yang kompleks dan pelik karena menulis melibatkan tidak hanya kedewasaan linguistik tetapi juga variabel-variabel penting lainnya, seperti pola berpikir linier, kepekaan terhadap pembaca dan faktor-faktor kognitif. Makalah ini membahas pergeseran paradigma dari pendekatan yang berorientasi pada produk ke pendekatan yang berorientasi pada proses dan kemudian melaporkan beberapa permasalahan mendasar yang mempunyai potensi untuk menghalangi perkembangan pengajaran menulis di Indonesia. Makalah ini juga memberikan beberapa saran untuk pengajaran menulis di dalam kelas. Pembahasan dalam makalah ini sangat signifikan karena akan memberikan titik terang bagi pengajaran menulis di Indonesia dan akan menstimulasi penelitian berikutnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)