Anda belum login :: 25 Apr 2025 10:33 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Bahan Belajar Digital Learning Object  
Oleh: Kusnandar
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 17 no. 1 (Mar. 2013), page 583-595.
Topik: Learning Object; Bahan Belajar Digital; Peta Materi; Meta Data
Fulltext: JJ12858317012013.pdf (117.85KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128.6
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTulisan ini merupakan sebuah gagasan dalam pengembangan bahan belajar digital, Learning Object melalui pendekatan analisis kurikulum. Dengan pendekatan ini, dimungkinkan terjadi sinergi antara para penyedia konten pembelajaran, sehingga pada gilirannya dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan bahan belajar sesuai dengan tuntutan kurikulum. Kurikulum 2013 yang antara lain memeiliki karakteristik pendekatan proses, tematik, terintegrasi TIK, (Teknologi Informasi dan Kominikasi), aneka sumber, serta metodelogi yang menyenangkan akan dapat diimplementasikan secara baik apabila didukung ketersediaan konten bahan belajar yang memadai. Learning object adalah segala entitas, digital atau non-digital yang dapat digunakan untuk pembelajaran, pendidikan atau pelatihan. Learning object merupakan satuan terkecil bahan belajar yang membuat satu tujuan (objective) pembelajaran yang spesifik. Ibarat sebuah puzzle, learning object adalah sebuah potongan puzzle yang dapat dipasang-pasangkan dengan potongan lainnya sehingga membentuk sebuah bangun terterntu. Learning object memiliki karakter membuat gagasan tunggal, interoperable, dan reusable. Dengan karakteristik ini, learning object memungkinkan untuk dapat dimanfaatkan oleh guru atau siswa dalam pengembagan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Langkah-langkah pengembangan learning object dimulai dengan analisis kurikulum, identifikasi topik, penyusunan peta materi, membuat deskripsi materi, mengembangkan standarisasi, menyusun naskah atau skenario pembelajaran, menyusun metadata, melaksanakan produksi atau pembuatan learning object, melakukan quality control, sampai dengan uploaddi web atau disimpan sebagai pusaka asset digital. Selanjutnya learning objet dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran , baik secar langsung ataupun diadaptasi dalam berbagai aktivitas pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)