Anda belum login :: 04 Jun 2025 17:45 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peningkatan Kreatifitas Menggambar Melalui Pembelajaran Berbantuan Komputer di Taman Kanak-Kanak
Oleh:
Asmawati, Luluk
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Teknodik vol. 17 no. 1 (Mar. 2013)
,
page 547-561.
Topik:
Kreatifitas Menggambar
;
Pembelajaran Berbantuan Komputer
;
TK B
Fulltext:
JJ12854717012013.pdf
(63.97KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ128.6
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kreatifitas menggambar anak TK kelopok B melalui pembelajaran berbantuan komputer agar anak siap menghadapi dan berani menggunakan komputer di masa depan. Subjek penelitian adalah anak TK kelompok B 1 berjumlah 11 anak. Penelitian ini dilaksanakan di TK Happy Holy Kinds kota Depok. Waktu penelitian adalah dua minggu yaitu mulai tanggal 4 sampai dengan 15 Februari 2013. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas model Hopkins. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas: (1) perencanaan (plaining), (2) tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Temuan temuan pada penelitian meliputi pada siklus I secara keseluruhan mencapai kriteria cukup (C). Hal ini dengan rincian kriteria baik (B) sejumlah 6 anak (55%), kriteria cukup (C) sejumlah 4 anak (36%) dan kriteria kurang (K) sudah tidak ada. Hal ini pada siklus II: (1) anak-anak telah memiliki pengalaman langsungt pada siklus I untuk membuat kreatifitas menggambar melalui pembelajaran berbantuan komputer dengan progra power paint, (2) guru memberikan penguatan cara menggunakan ikon pensin untuk cara melengkapi aksesoris gambar lain. Anak-anak juga telah mampu menyimpan data hasil kreatifitas menggambarnya untuk dicetak dan dipajang di dalam potofolio mereka masing-masing.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)