Anda belum login :: 04 Jun 2025 17:45 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Kreatifitas Menggambar Melalui Pembelajaran Berbantuan Komputer di Taman Kanak-Kanak  
Oleh: Asmawati, Luluk
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 17 no. 1 (Mar. 2013), page 547-561.
Topik: Kreatifitas Menggambar; Pembelajaran Berbantuan Komputer; TK B
Fulltext: JJ12854717012013.pdf (63.97KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128.6
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kreatifitas menggambar anak TK kelopok B melalui pembelajaran berbantuan komputer agar anak siap menghadapi dan berani menggunakan komputer di masa depan. Subjek penelitian adalah anak TK kelompok B 1 berjumlah 11 anak. Penelitian ini dilaksanakan di TK Happy Holy Kinds kota Depok. Waktu penelitian adalah dua minggu yaitu mulai tanggal 4 sampai dengan 15 Februari 2013. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas model Hopkins. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas: (1) perencanaan (plaining), (2) tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Temuan temuan pada penelitian meliputi pada siklus I secara keseluruhan mencapai kriteria cukup (C). Hal ini dengan rincian kriteria baik (B) sejumlah 6 anak (55%), kriteria cukup (C) sejumlah 4 anak (36%) dan kriteria kurang (K) sudah tidak ada. Hal ini pada siklus II: (1) anak-anak telah memiliki pengalaman langsungt pada siklus I untuk membuat kreatifitas menggambar melalui pembelajaran berbantuan komputer dengan progra power paint, (2) guru memberikan penguatan cara menggunakan ikon pensin untuk cara melengkapi aksesoris gambar lain. Anak-anak juga telah mampu menyimpan data hasil kreatifitas menggambarnya untuk dicetak dan dipajang di dalam potofolio mereka masing-masing.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)