Masa kanak-kanak merupakan masa untuk menanamkan sikap-sikap, kebiasaan dan pola tingkah laku seseorang untuk dikembangkan selanjutnya. Pada masa inilah orangtua harus membimbing, menuntun, mengajar dan memberi teladan yang baik kepada anak. Dalam merawat dan mendidik anak-anaknya, para orangtua menggunakan suatu bentuk pola asuh yang dianggapnya paling baik bagi anak-anaknya kelak. Pola asuh yang digunakan orangtua antara lain: otoriter, diktator, demokratis, kooperatif, permissif (bebas), tidak menentu (mudah berubah), cari damai (suka menghindar). Masing-masing tipe pola asuh yang digunakan orangtua mempunyai pengaruh tersendiri dalam perkembangan, anak. Pola asuh orangtua yang dapat membantu keberhasilan perkembangan social anak adalah tipe pola asuh demokratis atau kooperatif, karena dalam pola asuh ini terjadi komunikasi yang baik antara orangtua dengan anak. Anak dianggap sebagai seorang manusia yang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dengan demikian anak dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungannya. Dalam penerapannya, pola asuh demokratis dan kooperatif ini tidak dilaksanakan secara murni melainkan dapat digabungkan dengan pola asuh otoriter. Semua ini tergantung situasi pada saat itu. Metode Penelitian: Studi Kepustakaan Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orangtua yang bagaimana yang dapat membantu proses sosialisasi anak di Taman Kanak-Kanak. |