Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui gambaran mengenai perhatian para ibu terhadap prestasi belajar matematika siswa SD. Tujuan lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada perbedaan perhatian ibu ditinjau dari kehadiran ibu yang bekerja dengan yang tidak bekerja. Selain itu ditelusuri pula sejauh mana hubungan antara perhatian ibu dan prestasi belajar anak. Subjek penelitian ialah siswa kelas V Sekolah Dasar Katholik Sang Timur, Jalan Karmel Raya No. 2, Jakarta Barat. Subjek penelitian sebanyak 78 siswa. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 1994-1995. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat pencandraan secara sistematis, factual dan akurat nengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari kelompok yang diteliti. Untuk menganalisis validitas pernyataan digunakan korelasi product moment. Perhitungan reliabilitas pernyataan dihitung dengan koefisien alpha. Untuk mengetahui perbedaan antar kelompok digunakan uji t dan hubungan antar variabel dengan korelasi product moment. Berdasarkan analisis validitas pernyataan terdapat 14 soal yang dibuang, yaitu soal nomor 1,2,3,4,5,9,13,15,16,21,24,28,36 dan 38. Pernyataan semula sebanyak 41 pernyataan dan sebanyak 27 butir pernyataan yang diterima. Reliabilitas inventori sebesar 0,87. Perhatian ibu dari siswa kelas V SDK Sang Timur umumnya cukup memadai terhadap kegiatan belajar dan prestasi matematika, yang didasarkan pada persentase tiap pernyataan. Perbedaan kedua kelompok ibu tersebut dalam member perhatian diperoleh hasil perhitungan uji t sebesar 0,52. Perhitungan uji t ini lebih kecil daripada t tabel pada taraf signifikan 5% (t tabel = 2,660) artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja dalam memberi perhatian terhadap kegiatan belajar matematika pada siswa kelas V SDK Sang Timur. Hubungan antara perhatian ibu dan prestasi belajar siswa diperoleh koefisien korelasinya sebesar 0,24. Perhitungan koefisien korelasi lebih besar daripada koefisien korelasi tabel pada taraf signifikan 5% (r tabel = 0,220) artinya ada hubungan yang signifikan antara perhatian ibu terhadap prestasi belajar matematika. |