Anda belum login :: 22 Apr 2025 23:26 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Persepsi Anak Mengenai Keterlibatan Orang Tua dan Motif Berprestasi Anak dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Matematika
Bibliografi
Author: Subintoro, Ribkah ; Royanto, Lucia R.M. (Advisor)
Topik: Keterlibatan Orang Tua; Motif Berprestasi; Prestasi Belajar Matematika
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1996    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Ribkah Subintoro Undergraduated Theses.pdf (2.0MB; 100 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-136
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Tujuan utama penelitian skripsi ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak mengenai keterlibatan orang tua dan motif berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Santa Maria kelas V, Jalan Ir. H. Juanda no. 29, Jakarta Pusat Subyek penelitian sebanyak 91 siswa. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 1995-1996.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak mengenai keterlibatan orang tua dan motif berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD. Alat pengumpul data yang digunakan adalah inventory pribadi. Instrumen "Persepsi Anak Mengenai Keterlibatan Orang Tua" terdiri dari 29 pernyataan dengan alternatif jawaban selalu, sering, kadang-kadang, tidak pernah. instrumen "Motif Berprestasi" terdiri dari 26 pemyataan dengan alternatif jawaban selalu sering, kadang-kadang, tidak pernah. Untuk menguji validitas pemyataan digunakan korelasi product moment sedangkan untuk menghitung reliabilitas pemyataan digunakan rumus koefisien alpha. Data penelitian diolah dengan menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapatnya hubungan yang positif dan berarti antara persepsi anak mengenai keterlibatan orang tua dan motif berprestasi dengan prestasi belajar matematika siswa belajar kelas V SD. Walaupun hasil penelitian menunjukkan tidak terdapatnya hubungan yang positif dan berarti, namun prestasi beiajar matematika siswa kelas V SD Santa Maria cukup baik, dengan ntlai rata-rata 69.56. Sumbangan yang diberikan oleh persepsi anak mengenai keterlibatan orang tua dan motif berprestasi terhadap prestasi belajar matematika sangat kecil, yaitu sebesar 2,5 %. Penulis berkesimpulan bahwa untuk mencapai prestasi belajar matematika yang tinggi tidak hanya dibutuhkan faktor keterlibatan orang tua dan motif berprestasi saja tetapi perlu juga ditunjang oleh faktor lainnya, seperti kecerdasan, bakat, cara mengajar guru, kesehatan, dan pengaruh teman/lingkungan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)