Anda belum login :: 17 Apr 2025 05:32 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Several Factors Increased Job Dissatisfaction among Medical Doctors in Indonesia
Oleh:
Basuki, Bastaman
;
Priyudha, Pamela A.
;
Ismail, R. Irawati
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Health Science Journal of Indonesia vol. 04 no. 01 (Jun. 2013)
,
page 11-16.
Topik:
Ketidakpuasan Kerja
;
Stresor Kerja
;
Dokter
;
Job Dissatisfaction
;
Work Stressor
;
Medical Doctors
Fulltext:
H25 v4(1) jun13 p11,win.pdf
(124.45KB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
H25.1
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
H25.K
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
tidak ada
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Latar belakang: Beberapa faktor stresor kerja dapat meningkatkkan ketidakpusasan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifi kasi beberapa faktor dominan terkait dengan ketidakpusasan kerja. Metode: Studi potong lintgang dengan sampling purposif yang dilakukan pada bulan April-Juli 2011. Subyek terdiri dari mahasiswa pascasarjana dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Regresi linier digunakan untuk menganalisis data. Hasil: Peserta terdiri dari 306 subyek, berusia 23-47 tahun, mayoritas perempuan (61,4%), menikah, dan tidak pernah mengikuti pelatihan manajemen stres. Sedangkan pekerjaan saat ini/sebelumnya adalah dalam pelayanan kesehatan, atau pejabat pemerintah. Tingkat ketidakpuasan kerja berkaitan dengan tujuh faktor: yang tertinggi ialah kurangnya dukungan dari atasan, dan yang terendah ialah melakukan layanan di luar jam kerja. Satu poin kurang dukungan atasan akan meningkatkan ketidakpuasan kerja sebesar 1,26 [koefi sien regresi (ß) = 1,26, P = 0,000); satu poin untuk menyediakan layanan di luar jam kerja akan meningkatkan 0,61 poin ketidakpuasan kerja (ß = 0,6, P = 0,001). Kesimpulan: Kurangnya dukungan atasan dan interaksi dengan rekan kerja, peran organisasi ambiguitas, prosedur birokrasi, memberikan pelayanan di luar jam kerja, dan umpan balik yang tidak memadai dari pasien akan meningkatkan ketidakpuasan kerja.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)