Anda belum login :: 17 Apr 2025 05:32 WIB
Detail
ArtikelSeveral Factors Increased Job Dissatisfaction among Medical Doctors in Indonesia  
Oleh: Basuki, Bastaman ; Priyudha, Pamela A. ; Ismail, R. Irawati
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Health Science Journal of Indonesia vol. 04 no. 01 (Jun. 2013), page 11-16.
Topik: Ketidakpuasan Kerja; Stresor Kerja; Dokter; Job Dissatisfaction; Work Stressor; Medical Doctors
Fulltext: H25 v4(1) jun13 p11,win.pdf (124.45KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: H25.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan FK
    • Nomor Panggil: H25.K
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: tidak ada
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelLatar belakang: Beberapa faktor stresor kerja dapat meningkatkkan ketidakpusasan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifi kasi beberapa faktor dominan terkait dengan ketidakpusasan kerja. Metode: Studi potong lintgang dengan sampling purposif yang dilakukan pada bulan April-Juli 2011. Subyek terdiri dari mahasiswa pascasarjana dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Regresi linier digunakan untuk menganalisis data. Hasil: Peserta terdiri dari 306 subyek, berusia 23-47 tahun, mayoritas perempuan (61,4%), menikah, dan tidak pernah mengikuti pelatihan manajemen stres. Sedangkan pekerjaan saat ini/sebelumnya adalah dalam pelayanan kesehatan, atau pejabat pemerintah. Tingkat ketidakpuasan kerja berkaitan dengan tujuh faktor: yang tertinggi ialah kurangnya dukungan dari atasan, dan yang terendah ialah melakukan layanan di luar jam kerja. Satu poin kurang dukungan atasan akan meningkatkan ketidakpuasan kerja sebesar 1,26 [koefi sien regresi (ß) = 1,26, P = 0,000); satu poin untuk menyediakan layanan di luar jam kerja akan meningkatkan 0,61 poin ketidakpuasan kerja (ß = 0,6, P = 0,001). Kesimpulan: Kurangnya dukungan atasan dan interaksi dengan rekan kerja, peran organisasi ambiguitas, prosedur birokrasi, memberikan pelayanan di luar jam kerja, dan umpan balik yang tidak memadai dari pasien akan meningkatkan ketidakpuasan kerja.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)