Anda belum login :: 19 Jul 2025 03:15 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajarv Matematika Terapan untuk Mahasiswa Politeknik  
Oleh: Darma, I. Ketut
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 16 no. 3 (Sep. 2012), page 338-352.
Topik: Pengembangan; Buku belajar; Matematika; Kompetensi; Politeknik
Fulltext: JJ12833816032012.pdf (1.32MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128.6
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendapatkan buku ajar yang sesuai dengan paradigma pembelajaran berbasis kompetensi sebagai upaya peningkatan pencapaian standar kompetenmsi pada mahasiswa politeknik. pengembangan dilaksanakan selama dua tahapan waktu. Tahun pertama melakukan anasis kebutuhan untuk mendapatkan draf buku ajar. Pengembangannya menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Penelitian dilaksanakan dibidang rekayasa Politeknik Negeri Bali tahun 2012. Tahap pertama ini mendapatkan hasil, kompetensi yang dituntut dalam matematika terapan meliputi: aplikasi software, matematika, aljabar, geometri, trigonometri, dan kalkulus yang dituangkan dalam 13 standar kompetensi dan 51 kompetensi dasar. Karakteristik mahasiswa: 1) umur rata-rata 18-19 tahun; 2) pemahaman terhadap konsep matematika 62,16% sedang; 3) motivasi belajar matematika mahasiswa 49, 55% sedang; 4) dan81,98% berasal dari SMK. Kisi-kisi ataun prototype buku ajar matematika terapan berbasis kompetensi untuk meningkatkan pencapaian kompetensi, materinya dikembangkan mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pokok meliputi 4 bidang, yaitu: 1) pengantar software matematika dan aljabar; 2) geomerti; 3) trigonometri dan 4) kalkulus. Urutan materi disusun dengan pendekatan hierarkis. Keempat materi tersebut dikemas menjadi 2 buku ajar, yaitu buku ajar matematika terapan 1 diajarkan semester 1, buku ajar matematika terapan II diajarkan semester 2, pendekatan pembelajaran di kelas menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi konstruktivisme dengan metode-metrode pembelajaran student center learning (SCL). tahapan pembelajarannya meliputi: 1) pendahuluan:orientasi, menggali ide, pengetahuan awal; 2) dan 3) pembelajaran inti: rekunstruksi ide dan aplikasi ide: dan pembelajaran penutup: review perubahan ide.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)