Anda belum login :: 24 Jul 2025 01:42 WIB
Detail
ArtikelStrategi Pengembangan Literasi TIK Anak Usia Dini  
Oleh: Hadi, Syamsul
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 16 no. 4 (Dec. 2012), page 435-445.
Topik: Literasi; TIK; AUD
Fulltext: JJ12843516042012.pdf (1.55MB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128.6
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelLiterasi TIK adalah kemampuan individu untuk menggunakan TIK dengan tepat untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan dan mengevalusi informasi, mengembangkan pemahaman baru, dan berkomunikasi dengan orang lainuntuk berpartisipasi secara efektif dalam dunia sosial. Permasalahan yang terjadi mengenai TIK dalam dunia pendidikan anak usia dini adalah orang tua atau pendidik mengganggap TIK tidak begitu penting untuk dikembangkan sejak dini karena disebabkan kurangnya pemahaman bagaimana memperkenalkan TIK kepada anak dan bagaimana memperaktekan TIK segingga literasi TIK anak berkembang sejalan dengan perkembangan kognitifnya. Tulisan ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut . Literasi TIK anak perlu dikembangkan secara bertahap dari tahap awarenes and acquisition state menuju interpretative state untuk mempersiapkan anak mencapai tahap critical state. Dalam pengembangan literasi TIK pada ketiga aspek tersebut dapat dikembangkan melalui strategi-strategi beriktu: penyedian TIK yang mendorong anak untuk bermain dan bereksplorasi, perencanaan lingkungan belajar yang kaya dan pengalaman, merekam pelajaran pembelajaran pribadi setiap anak dengan TIK, mengobservasi anak ketika bermain dengan TIK, pendekatan praktik TIK brdasarkan Developmentlly Appropriate Practice.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)