Anda belum login :: 06 Jun 2025 09:15 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengalihan Isu Coca Cola dalam Anthem FIFA World Cup South Africa 2010, Wavin Flag Celebration Mix
Oleh:
Oktavika, Devi Anggraini
;
Kusumastuti, Frida
;
Nurudin
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Ilmu Komunikasi vol. 10 no. 01 (2012)
Topik:
manajemen isu
;
wacana lagu
;
isu negatif
;
opini negatif.
Fulltext:
Devi.PDF
(1.42MB)
Isi artikel
Peneliti mencurigai bahwa dipilihnya lagu Wavin’ Flag Celebration Mix sebagai anthem FIFA World Cup South Africa 2010 merupakan sebuah produk manajemen isu The Coca Cola Company (Coca Cola) dalam upaya mempertahankan citra dirinya di mata publik. Pesan yang terkandung dalam lagu tema Piala Dunia tersebut menghilangkan “ruh” lagu Wavin’ Flag yang asli serta berusaha mengasosiasikannya beserta penuturnya, K’naan, dengan Coca Cola. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecurigaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretif terhadap keseluruhan anthem FIFA World Cup South Africa 2010. Analisis data mengacu pada kerangka analisis Van Dijk dengan pendekatan kritis. Peneliti menemukan bahwa komunikasi yang dilakukan Coca Cola melalui lagu Wavin’ Flag Celebration Mix bermaksud memunculkan isu tandingan bagi isu laten negatif Coca Cola yang berpotensi muncul kembali sebagai dampak dari isu kemanusiaan yang diusung K’naan dalam versi asli lagu tersebut. Disampaikan melalui media yang efektif dan pemanfaatan momentum yang baik, Wavin’ Flag Celebration Mix pada akhirnya berhasil mengalihkan perhatian publik dari kemungkinan isu negatif tentang Coca Cola serta menghindarkan perusahaan tersebut dari opini negatif publik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)