Anda belum login :: 04 Jun 2025 23:43 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Desain At mosfer Toko terhadap Perilaku Belanja Studi atas Pengaruh Gender terhadap Respon Pengunjung Toko  
Oleh: Kusumowidagdo, Astrid
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: International Research Journal of Business Studies vol. 3 no. 1 (2010), page 17-32.
Topik: Atmosfer Toko; Stimuli Atmosfer; Organism; Respon Dan Perilaku Belanja.
Fulltext: 61-157-1-PB.pdf (969.77KB)
Isi artikelThe design of store atmosphere shall function as kind of stimuli that will attract the visitor to decide which store to choose. Further, it is aimed to evoke the desire of customers to purchase and create transaction. Thus, it can directly affect the shopping behaviour of both men and women. This study will learn about how the atmospheric stimuli can affect the behaviour of visitor, both men and women. The study is divided into two stages: the first stage, exploratory research design; the second stage, path analysis. The exploration or identification attributes is done through interview according to the attributes of atmospheric stimuli (Turley and Milliman). While the endogenous variable in this case are the organism (visitor) and respond (of visitor). Atmospheric stimuli factors, in the other hand shall function as exogenous variables. While the result of the study conducted to 107 respondents of men and women shows that store exterior, interior lay out and human variables are siginificant to the variable of consumber respons. Store exterior, store interior have such a siginificant effect on the organism (the emotional intensity of male visitor). Organism variable has an effect on the responds of male visitors, while store interior variable only affect siginificantly on the organism of female visitor (the emotional intensity of female visitors). Desain atmosfer toko, harus memberikan stimuli yang dapat menarik perhatian pengunjung untuk dapat memutuskan toko mana yang akan dikunjungi. Selanjutnya, atmosfer harus dapat meningkatkan peluang pembelian. Atmosfer toko ini dapat berpengaruh terhadap perilaku berbelanja pada pengunjung baik pria dan wanita. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh stimuli atmosfer toko terhadap pengunjung pria dan wanita. Penelitian ini dibagi menjadi dua bagian yaitu exploratory research design dan path analysis. Penelitian eksploratori dilakukan dengan proses interview untuk menentukan atribut dari stimuli atmosfer (Turley dan Milliman, 2000).Variabel endogen di sini adalah organism (pengunjung) dan respons pengunjung. Sedangkan variabel eksogen adalah stimuli atmosfer. Penelitian ini dilakukan pada 107 responden pria dan wanita yang menyatakan bahwa eksterior toko, lay out interior dan variabel manusia signifikan terhadap respon pengunjung. Eksterior toko, dan interior toko memiliki dampak positif terhadap pengunjung pria. Variabel organisme berpengaruh pada pengunjung pria. Sedangkan interior toko berpengaruh secara signifikan kepada pengunjung wanita.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)