Anda belum login :: 24 Jul 2025 01:21 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Perilaku Konsumen Program Konversi Minyak Tanah ke LPG 3 Kg dengan Model Fishbein  
Oleh: Natalia, Christine ; CHRISTANTIA, ERMINA
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Metris: Jurnal Mesin, Elektro, Industri dan Sains vol. 13 no. 01 (Mar. 2012), page 9-16.
Topik: Pengukuran Perilaku; Model Fishbein; Program Konversi; Atribut-Atribut LPG 3 kg
Fulltext: Analisis Perilaku - Konversi Minyak Tanah - Christine - Ermina.pdf (7.19MB)
Isi artikelProgram Nasional Konversi Minyak Tanah (MITAN) ke LPG 3 kg merupakan program pemerintah untuk pengalihan subsidi dari penggunaan MITAN ke LPG 3 Kg melalui pembagian paket LPG 3 Kg beserta isi, kompor. regulator dan slang secara gratis kepada masyarakat yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Seiring program sosialisasi atau pengenalan LPG 3 kg kepada masyarakat, tidak semua masyarakat dapat langsung menerima dan menggunakan LPG 3 kg. Pengukuran dan analisis terhadap perilaku konsumen program konversi penting untuk dilakukan sebagai salah satu bentuk evaluasi keberhasilan dari program yang dilaksanakan. Model ini diharapkan dapat digunakan untuk mengukur sikap dan perilaku konsumen program konversi dan mengidentifikasi pengaruh lingkungan sosial terhadap pengambilan keputusan penggunaan LPG 3 kg. Model Fishbein yang dikembangkan terdiri variabel Keyakinan, variabel Evaluasi, variabel Keyakinan Normatif dan variabel Motivasi, yang diturunkan menjadi atribut-atribut penelitian yang bersesuaian. Harapan konsumen tinggi terhadap atribut-atribut LPG 3 kg yang ditawarkan, tetapi berdasarkan variabel evaluasi, terjadi penurunan nilai yang disebabkan karena perbedaan antara harapan konsumen dengan apa yang dirasakan oleh konsumen. Konsumen memberikan nilai tertinggi untuk atribut harga yang berarti bahwa atribut harga merupakan atribut yang paling mempengaruhi konsumen untuk menggunakan LPG 3 kg. Atribut LPG 3 kg aman digunakan mempunyai nilai terendah, dikarenakan banyaknya terjadi kasus meledaknya LPG 3 kg, yang menyebabkan konsumen merasa bahwa atribut aman digunakan belum mencapai hasil yang optimal. Sedangkan faktor eksternal yang paling mempengaruhi konsumen untuk menggunakan LPG 3 kg adalah atribut pemerintah setempat. Perilaku konsumen secara keseluruhan mengenai atribut LPG 3 kg adalah sangat baik berdasarkan hasil perhitungan nilai BI yang berada pada rentang nilai sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan juga bahwa konsumen mempunyai sikap yang sangat baik terhadap LPG 3 kg dan konsumen akan tetap menggunakan LPG 3 kg untuk seterusnya selama atribut-atribut LPG 3 kg tersebut tetap memenuhi harapan dari konsumen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)