Anda belum login :: 19 Dec 2025 13:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PENGARUH ENVIRONMENTAL CONCERN, ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY, DAN ENVIRONMENTAL ATTITUDE TERHADAP GREEN CONSUMPTION BEHAVIOR DENGAN MODERASI GENERASI Y DAN Z DALAM PENGGUNAAN TUMBLER
Bibliografi
Author:
Raditya, Theresia Vania
;
Soelasih, Yasintha
(Advisor)
Topik:
Environmental concern
;
environmental responsibility
;
environmental attitude
;
green consumption behavior
;
generasi Y dan Z
;
tumbler.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
Theresia Vania Raditya_Master Theses_2025.pdf
(1.86MB;
1 download
)
202100020050_Theresia Vania Raditya_Lembar Administrasi.pdf
(431.69KB;
1 download
)
Abstract
Masalah lingkungan akibat sampah plastik, khususnya dari botol plastik sekali pakai, mendorong perlunya perubahan perilaku konsumsi masyarakat ke arah yang lebih ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh environmental concern, environmental responsibility, dan environmental attitude terhadap green consumption behavior dalam penggunaan tumbler sebagai alternatif botol plastik, serta peran moderasi Generasi Y dan Z dalam hubungan tersebut. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 135 responden berusia 13–44 tahun yang memiliki pengalaman menggunakan tumbler.
Analisis data menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel eksogen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi hijau. Selain itu, generasi Y dan Z memoderasi hubungan antara environmental attitude dan green consumption behavior, tetapi tidak memoderasi secara signifikan pengaruh environmental concern maupun environmental responsibility.
Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi kampanye dan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk mendorong adopsi produk ramah lingkungan di kalangan generasi muda.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)