| Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa generasi Z, dengan kemampuan inovasi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia Atma jaya yang telah mengikuti mata kuliaj kewirausahaan atau pelatihan serupa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, melibatkan 99 responden dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik pendidikan kewirausahaan maupun lingkungan kewirausahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha. selain itu, kemampuan inovasi juga tidak terbukti mampu memoderasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan maupun lingkungan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan kewirausahaan yang terlalu teoritis dan minim praktik langsung belum mampu menumbuhkan komitmen berwirausaha secara nyata di kalangan mahasiswa. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih aplikatif dalam kurikulum kewirausahaan dan pentingnya membangun ekosistemn inovasi yang mendorong keterlibatan praktis mahasiswa secara langsung. |