| Sebagai lembaga pendidikan swasta, SMP Katolik Santo Markus I menghadapi tantangan serius yang juga menimpa beberapa sekolah swasta terutama sekolah swasta Katolik beberapa tahun terakhir, berupa menurunnya minat calon siswa baru di tengah krisis persaingan antarsekolah yang semakin ketat serta perkembangan digital yang kian masif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis implementasi strategi komunikasi pemasaran digital SMP Santo Markus I dalam upaya meningkatkan minat calon siswa baru. Penelitian ini dilandasi dengan teori Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) dengan 4 unsur utama yang berfokus pada audience experience dan konsep utama strategi Pemasaran Digital (Kotler & Keller, 2016). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan seluruh data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital diimplementasikan secara terpadu melalui optimalisasi saluran Instagram, Tiktok, Whatsapp, dan Situs Web yang diselaraskan dengan kegiatan pemasaran konvensional yang berfokus pada tiga kegiatan utama, yaitu konten pemasaran mengenai keunggulan dan fasilitas sekolah, pemasaran media sosial (digital) untuk membangun interaksi dengan audiens (orang tua atau calon siswa), dan pengelolaan hubungan masyarakat melalui saluran digital untuk meningkatkan manajemen citra sekolah. Implementasi strategi Komunikasi Pemasaran Digital efektif dalam memperluas jangkauan informasi dan membangun kedekatan emosional dengan orang tua maupun calon siswa, serta berkontribusi positif terhadap peningkatan minat calon siswa. |