Dengan semakin berkembangnya industri tekstil nasional dewasa ini, maka dirasakan perlu dibahas aspek-aspek strategi produk yang turut serta menentukan sukses atau gagalnya produk tersebut dipasaran, baik pasaran lokal maupun pasaran internasional, aspek-aspek strategi produk tersebut meliputi : mutu (quality), ciri khas (features), pilihan (options), bentuk (style), merk (brand), kemasan (packaging), ukuran (size), service, jaminan, dan lain-lain. Strategi produk merupakan salah satu aspek pemasaran yang penting sekali karena kalau salah satu saja dari aspek-aspek strategi produk yang sudah disebutkan di atas tadi tidak cocok dengan selera konsumen, maka posisi produk dalam keadaan bahaya, untuk menghindari itu sebelum produk diluncurkan perlu dilakukan pengujian terhadap beberapa konsumen. Melihat pentingnya strategi produk tersebut maka penulis mencoba untuk melakukan penelitian mengenai strategi produk yang dilaksanakan oleh PT Muara Krakatau. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah: 1. Riset lapangan, yaitu: penelitian langsung terhadap permasalahan perusahaan yang menjadi objek penelitian, dengan menggunakan teknik pengamatan dan wawancara. 2. Riset kepustakaan, yaitu: penelitian yang dilakukan dengan membaca dan mengambil keterangan yang berasal dari buku-buku teori yang berhubungan dengan marketing. PT. Muara Krakatau adalah produsen dan eksportir produk tekstil dan pakaian jadi yang memasarkan sendiri produknya ke mancanegara, terutama ke Amerika Serikat, karena perusahaan melihat negara itu sangat potensial untuk menjadi konsumen produk perusahaan. Kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan adalah bahwa perusahaan dalam melaksanakan kebijakan produknya, telah sering berbuat kesalahan, misalnya saja kemasan atau packaging paling luar yang berupa karton kurang tebal sehingga mudah sekali koyak atau robek, sehingga ini akan menurunkan image/ citra produk di mata konsumen. |