| Dukungan keluarga memiliki peran penting dalam membentuk motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi anak-anak terhadap dukungan keluarga dalam proses belajar mereka di Rumah Belajar Pelangi Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap empat anak usia 11-12 tahun yang aktif belajar di Rumah Belajar Pelangi Nusantara. Teknik analisis data dilakukan dengan metode triangulasi, yang mencakup triangulasi sumber data dan triangulasi teori untuk memastikan validitas serta keakuratan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan dukungan instrumental, emosional, penghargaan, dan informasional dari keluarga cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi. Namun, masih terdapat variasi dalam bentuk dan intensitas dukungan yang diberikan, tergantung pada kondisi sosial-ekonomi dan dinamika keluarga masing-masing. Kesimpulannya, dukungan keluarga berperan penting dalam meningkatkan semangat belajar anak serta memberikan dampak positif terhadap perkembangan akademik mereka. |