Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada sektor perbankan di Indonesia. Sampel penelitian ini terdiri dari 8 bank konvensional kategori KBMI 3 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2021-2024 dengan total 32 observasi. Data diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan, kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, sementara leverage berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun, CSR dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, dan profitabilitas tidak terbukti memediasi hubungan antara CSR maupun leverage terhadap nilai perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa di sektor perbankan, pengungkapan CSR lebih dipersepsikan sebagai beban biaya daripada pencipta nilai, sedangkan leverage dipandang investor sebagai sinyal positif struktur permodalan. Penelitian ini memberikan implikasi bagi manajer keuangan, investor, dan regulator untuk mempertimbangkan peran CSR, leverage, serta profitabilitas dalam strategi peningkatan nilai perusahaan. |