Stres akademik merupakan kondisi yang ditandai dengan perasaan tegang, cemas, dan tidak nyaman yang dialami siswa ketika mereka merasa tidak mampu memenuhi tuntutan dalam lingkungan akademik, seperti tugas sekolah, ujian, maupun tekanan dari guru dan orang tua. Stres akademik pada penelitian ini ditinjau dari komponen fisiologis, emosional, perilaku, dan kognitif yang muncul sebagai respon terhadap tekanan akademik. Manajemen waktu merupakan upaya untuk menggunakan waktu secara efektif dalam melaksanakan suatu kegiatan yang mengarah pada pencapaian tujuan. Manajemen waktu pada penelitian ini ditinjau dari menetapkan tujuan dan prioritas, perencanaan dan penjadwalan , kemampuan mengendalikan waktu dan preferensi untuk terorganisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan manajemen waktu pada siswa kelas VIII SMP Marie Joseph. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian korelasional. Berdasarkan hasil uji coba instrumen variabel stres akademik terdapat 23 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,897. Pada instrumen variabel manajemen waktu diperoleh 33 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,937. Berdasarkan pengolahan data penelitian diperoleh nilai korelasi antara stres akademik dan manajemen waktu sebesar 0,973, dengan nilai signifikansi p<0,001. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara stres akademik dan manajemen waktu pada kelas VIII SMP Marie Joseph. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi stres akademik maka semakin tinggi manajemen waktu pada siswa kelas VIII SMP Marie Joseph. Guru Bimbingan dan Konseling bisa memberikan layanan bimbingan klasikal dengan mengelola pikiran dan perasaan sehingga peserta didik memiliki keterampilan dalam mengatasi stres akademik. Siswa kelas VIII SMP Marie Joseph diharapkan mampu mengenali dan memahami dampak dari setiap perilaku yang dapat memicu stres akademik. Peneliti selanjutnya disarankan dapat meneliti faktor lain yang mempengaruhi manajemen waktu. |